Jumat, 19 Februari 2021

Artikel Online

 TIPS MENINGKATKAN PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN JAMAAH DALAM BISNIS BIRO HAJI DAN UMRAH

Oleh: Hasni Rahmani

 

Indonesia merupakan negara muslim terbesar di seluruh dunia, oleh sebab itu minat masyarakat untuk melaksanakan ibadah haji maupun umroh setiap tahun semakin meningkat. Disisi lain Indonesia sendiri tentu memiliki potensi yang sangat besar dalam bisnis haji dan umrah,mengingat antusias masyarakat untuk pergi ke tanah suci sangatlah besar. Namun dengan banyaknya bisnis biro perjalanan haji dan umroh yang kian menjamur maka membuat persaingan bisnis dibidang ini tentu akan semakin membesar. Maka dari itu setiap perusahaan harus memiliki strategi yang baik dan benar agar mampu bersaing dengan perusahaan perusahaan lain.

Suatu perusahaan yang sukses tentu memiliki kualitas tersendiri yang menjadikan perusahaan itu memiliki nilai tambah di mata masyarakat. Jika menyangkut dalam bidang biro haji dan umrah maka nilai tambah yang harus dimiliki perusahaan tersebut adalah kualitas pelayanan yang baik terhadap para jamaah. Pelayanan yang baik sendiri didefinisikan sebagai kemampuan perusahaan dalam memberikan kepuasan kepada jamaah dengan standar yang sudah ditetapkan. Kemampuan tersebut ditunjukan oleh sumber daya manusia dan sarana serta prasarana yang dimiliki.Pelayanan yang baik juga akan menumbuhkan rasa percaya pada diri jamaah haji dan umrah. Kepercayaan merupakan bentuk keyakinan dan harapan pelanggan yang positif terhadap janji dari pihak perusahaan. Dengan kepercayaan itu seseorang tidak akan terbebani rasa khawatir, apalagi melihat kondisi saat ini, tidak sedikit travel terpaksa di hentikan karena kasus penipuan, tentunya jamaahlah yang menjadi korbannya dan pasti akan mengalami kerugian

Banyak perusahaan yang ingin dianggap selalu yang terbaik dimata jamaah. Karena jamaah akan menjadi setia terhadap produk yang akan ditawarkan. Disamping itu, perusahaan berharap pelayanan yang diberikan pada jamaah dapat ditularkan kepada calon jamaah lainnya. Hal ini merupakan promosi tersendiri bagi perusahaan yang berjalan terus secara berantai dari mulut ke mulut. Dengan kata lain, pelayanan yang baik akan meningkatkan image perusahaan dimata jamaahnya. Image ini harus selalu dibangun agar citra perusahaan dapat selalu meningkat. Dalam prakteknya pelayanan yang baik memiliki ciri ciri tersendiri dan hampir semua perusahaan menggunakan kriteria yang sama untuk membentuk ciri ciri pelayanan yang baik. Berikut ini beberapa ciri pelayanan baik bagi perusahaan dan karyawan yang bertugas melayani jamaah.

➢ Tersedianya karyawan yang baik 

Kenyamanan jamaah sangat tergantung pada karyawan yang melayaninya. Karyawan harus ramah, sopan dan menarik. Disamping itu karyawan harus tetap tanggap, pandai bicara, menyenangkan, serta pintar, karyawan harus mampu memikat dan mengambil hati jamaah sehingga jamaah semakin tertarik. Demikian juga dengan cara kinerja karyawan harus rapi, cepat dan cekatan. 

➢ Tersedianya sarana dan prasarana yang baik 

Pada dasarnya jamaah ingin dilayani secara prima. Untuk melayani jamaah, salah satu hal yang paling penting diperhatikan disamping kualitas dan kuantitas sumber daya manusia adalah sarana dan prasarana yang dimiliki perusahaan. Peralatan dan fasilitas yang dimiliki seperti ruang tunggu dan ruang untuk menerima tamu harus dilengkapi berbagai fasilitas sehingga membuat jamaah nyaman atau betah dalam ruangan tersebut. 

➢ Dapat bertanggung jawab 

Sejak awal hingga selesai dapat bertanggung jawab hingga selesai. Artinya dalam menjalankan kegiatan pelayanan karyawan harus bisa melayani dari awal sampai selesai. Jamaah akan merasa puas jika karyawan bertanggung jawab terhadap pelayanan yang diinginkannya. Jika terjadi sesuatu karyawan yang dari awal menangani masalah tersebut, secara segera mengambil alih tanggung jawabnya. 

➢ Mampu melayani secara cepat dan tepat 

Artinya dalam melayani jamaah diharapkan karyawan harus melakukan melalui prosedur. Layanan yang diberikan sesuai dengan jadwal untuk pekerjaan tertentu dan jangan membuat kesalahan dalam arti pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan standar perusahaan dan keinginan jamaah.

➢ Mampu berkomunikasi 

Artinya karyawan harus mampu berbicara kepada jama‟ah. Karyawan juga harus dengan cepat memahami keinginan jama‟ah. Selain itu, karyawan harus dapat berkomunikasi dengan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti.

➢ Memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik 

Untuk menjadi karyawan yang khusus melayani jama‟ah harus memiliki pengetahuan dan kemampuan tertentu. Karena tugas karyawan selalu berhubungan dengan jamaah, karyawan perlu dididik khususnya mengenai kemampuan dan pengetahuannya untuk menghadapi masalah-masalah jama‟ah atau kemampuan dalam bekerja. Kemampuan bekerja akan mampu mempercepat proses pekerjaan sesuai dengan waktu yang diinginkan. 

➢ Berusaha memahami kebutuhan jamaah 

Artinya karyawan harus cepat tanggap apa yang diinginkan oleh jamaah. Karyawan yang lamban akan membuat jamaah lari. Usahakan mengerti dan memahami keinginan dan kebutuhan jamaah secara cepat. 

➢ Mampu memberikan kepercayaan kepada jamaah 

Kepercayaan calon jama‟ah kepada perusahaan mutlak diperlukan sehingga calon jama‟ah mau menjadi konsumen perusahaan yang bersangkutan. Demikian pula untuk menjaga jama‟ah yang lama perlu dijaga kepercayaannya agar tidak lari. Semua ini melalui karyawan dari perusahaan itu sendiri.

Jika ciri ciri diatas telah menjadi prinsip untuk menjalankan usaha dalam bidang haji dan umrah, maka sudah jelas perusahaan itu akan sukses dalam bisnisnya dan terutama sukses dalam memberikan kepuasan dan kepercayaan pada jamaah, sehingga citra usaha tersebut akan selalu baik dimata masyarakat.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar